Jenis Olahraga Yang Disarankan Saat Berpuasa

Berpuasa artinya menahan hawa nafsu juga menahan diri dari makan dan minum, dimulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari (Tipandroid). Puasa merupakan jenis ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam saat bulan Ramadan. Saat berpuasa ada kalanya kendala untuk berolahraga yang muncul. Namun sebenarnya, terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa. Olahraga yang terdiri dari 3 jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa ini disarankan bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Olahraga memungkinkan tubuh untuk tetap bugar dalam berbagai kondisi. Utamanya ketika berpuasa, olahraga ringan tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa dapat melakukan beberapa gerakan olahraga ringan setelah sahur atau juga ketika sebelum berbuka puasa, mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Berikut Tipandroid akan  bagikan beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa.

  1. Olahraga dengan Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga alternatif ringan yang juga dapat dilakukan saat berpuasa. Tipandroid menyarankan Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria. Meski demikian, jangan terlalu lama berolahraga pada saat berpuasa karena akan berpengaruh pada cadangan energi yang dimiliki.

  1. Melakukan Lari Kecil (Jogging)

Jogging dengan intensitas ringan akan baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari atau juga bisa dilakukan saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu capek, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Melaukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, akan tetapi tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan. Mudah, kan sobat Tipandroid?

  1. Bermain Bowling

Bowling adalah salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu kita menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga dapat diakukan selama berpuasa. Kita dapat bermain bowling selama menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

Kunjungi laman www.Tipandroid.com dan temukan berbagai tips yang menarik!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*