Kesehatan

Cara Mengatasi Alergi Kacang

Alergi kacang merupakan jenis alergi pada makanan yang termasuk paling umum. Kacang menjadi salah satu jenis makanan yang cukup sering menyebabkan alergi yang termasuk dalam kategori berat dan juga fatal. Disamping itu, anak-anak cukup rentan mengalami alergi tersebut. Alergi kacang adalah jenis alergi yang akan dialami ketika Anda mengkonsumsi sebuah makanan dengan kandungan kacang di dalamnya.

Jika mengulas hal tentang siapa saja yang memiliki kesempatan untuk mengalami alergi kacang, jawabannya adalah semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama untuk terkena alergi terhadap kacang, dimulai dengan bayi dengan usia dibawah 3 sampai dengan orang dewasa. Akan tetapi pada umumnya anak anak cenderung lebih mudah dan lebih banyak terkena alergi kacang. Pada umumnya alergi kacang dapat menyerang bayi dengan usia 14 bulanan sampai dengan anak yang berusia 2 tahun.  Kemudian alergi kacang baru positif diidap pada saat anak tersebut telah dewasa.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi alergi kacang adalah sebagai berikut :

Penyebab Alergi Kacang

Alergi kacang dapat terjadi karena adanya masalah pada sistem imun Anda yang keliru dalam mengidentifikasi protein yang terdapat dalam kacang sebagai sesuatu yang cukup berbahaya. Pada saat kontak secara langsung dan tidak langsung terjadi, sistem imun Anda akan melepaskan zat-zat kimia yang ada ke dalam aliran darah. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda menunjukkan beberapa gejala alergi.

  • Kontak langsung. Hal ini terjadi ketika Anda sedang mengonsumsi kacang tanah dan makanan lain yang memiliki kandungan kacang tanah. Disamping itu, bersentuhan saja dengan kacang tanah dapat segera memicu reaksi berupa alergi kacang tanah.
  • Kontak secara tidak langsung. Hal tersebut terjadi ketika makanan yang secara tidak sengaja memiliki campuran dengan kacang, entah pada saat memasak dan juga menempel pada beberapa peralatan memasak.
  • Melalui pernapasan. Reaksi dari alergi kacang tanah juga dapat ditimbul apabila partikel kecil yang diketahui mengandung kacang tanah terhirup oleh Anda, seperti tepung dan minyak dari kacang tanah.

Cara Mengatasi Alergi Kacang

  • Cara mengatasi alergi kacang yang pertama dengan memeriksa label makanan. Pada umumnya, produk makanan diketahui dengan jelas mencantumkan kacang ke dalam daftar komposisi. Akan tetapi, terdapat produk makanan yang menuliskan mungkin mengandung pada labelnya tersebut.
  • Berhati-hati ketika memesan makanan yang ada di rumah makan. Terdapat jenis masakan yang cukup banyak menggunakan bumbu kacang. Masakan Indonesia menjadi salah satu jenis makanan yang sering menggunakan bumbu kacang.
  • Walaupun Anda meyakini masakan tersebut tidak mengandung kacang tanah, haruslah tetap waspada, karena memiliki kemungkinan sisa kacang yang menempel pada peralatan masak tersebut. Hal tersebut cukup merepotkan, maka dari itu, memasak sendiri masih tetap menjadi pilihan yang terbaik.
  • Apabila reaksi alergi pernah terjadi, lebih baik Anda mencari informasi mengenai cara penanganannya yang tepat sesuai petunjuk dokter. Bagi gejala ringan, pada umumnya, dokter akan memberikan resep obat antihistamin untuk mengurangi gejala alergi tersebut
  • Apabila gejala berat tersebut masih berlanjut, Anda harus segera ke rumah sakit terdekat. Gejala berat tersebut terlihat apabila Anda merasa jantung berdebar, mengalami pembekakan bagian tenggorokan, tekanan darah yang ekstrim menurun, sakit kepala, sampai dengan hilang kesadaran.
  • Selain itu cara mengatasi alergi kacang yang terakhir yaitu dengan menyuntikan obat Epinefrin oleh dokter agar meredakan gejala berat yang muncul setelah Anda mengkonsumsi kacang. Yang perlu diperhatikan adalah sebagai penderita alergi, Anda harus berhati hati dan menghindari pengkonsumsian makanan serta minuman yang terkandung kacang didalamnya agar tidak kembali kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *